Jumat, 03 Juni 2011

Artikel Sistem Politik di Italia


Italy Negara di Eropa yang Paling Labil Sistem Parlemennnya
Oleh : R.N.Soetarjono | 25-Feb-2008, 10:50:21 WIB
KabarIndonesia - Italia adalah termasuk negara inti persatuan Eropa, yaitu termasuk tujuh negara Persatuan Ekonomi Eropa alias EWG (Europäische Wirtschafts-Gemeinschaft) dengan sistem ekonomi dan mata-uangnya sendiri-sendiri.

Dari semula tujuh negara, sekarang Eropa sudah terdiri dari 27 negara dalam gabungan EU (Euopean Union), sebagian besar sudah bermata-uang EURO, karena sistem keuangan (fiskal) mereka sudah memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan dalam perjanjian Maastricht. Sisanya, bekas negara-negara Eropa Timur seperti Polandia, Ceko, Ungar dan Rumenia masih memakai mata-uang mereka masing-masing sampai mereka memenuhi kriteria-kriteria perjanjian Maastricht untuk kelak dapat memakai mata-uang EURO, yang merupakan mata-uang dunia disamping US-DOLLAR dan YEN Jepang.


Sistem politiknya boleh dikatakan di negara-negara EU mirip sama semua, yaitu demokratis parlementer pada umumnya, walaupun ada beberapa variasinya (kerajaan, kepresidenan dan sebagainya).

Di Prancis sistemnya mirip dengan di Indonesia; kepala negara adalah kepala pemerintahan juga. Di Jerman dan di Itali misalnya, kepala negara tidaklah berwewenang mengatur pemerintahan. Kepala pemerintah di Jerman adalah Kanselir negara federal Jerman yang waktu ini tokoh wanita, yaitu Angela Merkel, dan di Itali adalah Perdana Menteri, yang kini statusnya interim, yaitu Romano Prodi, karena kehilangan dukungannya diparlemen 20 bulan sesudah terbentuknya pemerintahnya.

Kalau dinegara-negara Eropa lainnya pada umumnya suatu pemerintahan dapat memegang pemerintahannya satu legislatur penuh sampai pemilihan baru, di Italia hal ini adalah sesuatu yang jarang terjadi. Dalam 63 tahun terakhir, sejak akhir perang dunia kedua tahun 1945 hingga sekarang, Italia sudah mengalami 60 (enampuluh!) pergantian pemerintahan.


Rata-rata pemerintahan Italia sesudah tahun 1945 hanya berumur kurang dari setahun. Perdana menteri Prodi, yang sekarang masih menjabat, sudah termasuk bagus, dapat bertahan 20 bulan. Satu2nya pemerintahan Italia yang berhasil satu legislatur penuh mempertahankan diri adalah pemerintahan Silvio Berlusconi yang bertakhta dari tahun 2001 sampai 2005.


Tanggal 13 dan 14 April 2008 yang akan datang rakyat Italia harus memilih parlemen baru lagi untuk menciptakan pemerintahnya yang ke 62 sesudah akhir perang dunia II. Untuk perbandingan: Dalam waktu yang sama Jerman hanya diperintah oleh delapan Kanselir, dari Konrad Adenauer sampai Angela Merkel waktu ini.Mengapa sampai demikian? Di Jerman partai-partai yang dalam pemilihan umum tidak dapat mengumpulkan paling sedikit 5% dari jumlah suara pemilih (rakyat dewasa yang berhak memilih, artinya yang paling sedikit umur 18 tahun) tidak dapat meraih keduidukan di parlemen. Dengan demikian di parlemen Jerman (Bundestag) berpuluh-puluh tahun hanya ada 4 partei, sesudah Jerman Timur lenyap dan disatukan dengan Jerman Barat sekarang ada 5 fraksi partai di parlemen Jerman.


Lain halnya di Italia, dimana pembatasan 5% ini tidak diadakan, sehingga partei kecil2 bisa masuk parlemen juga dengan akibat sukar untuk membentuk koalisi yang stabil. Di parlemen Italia duduk 12 macam partai.

Sebetulnya dengan amandemen undang-undang dasarnya Italia dapat mengubah sistem ini, tapi kenyataannya usaha-usaha beberapa politikus kearah ini gagal pula, termasuk usaha perdana menteri Prodi. Kesan umumnya memang rakyat Italia agaknya tak menginginkan perubahan. Inilah kelemahan Italia.Sumber image: www.enchantedlearning.com
Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

1 komentar:

  1. How to make money from betting on football - Work Tomake Money
    If you're having problems finding a winning bet online worrione for 출장안마 the day of your choosing, then there are plenty wooricasinos.info of opportunities available right หาเงินออนไลน์ here.

    BalasHapus