Selasa, 16 Oktober 2012

Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia Level1


Hay, guys Assalamualaikum
Kali ini saya mau berbagi sedikit pengetahuan dasar tentang Apa Itu Pasar Modal yang saya kutip dari buku panduan Sekolah Pasar Modal Bursa Efek Indonesia Level1.

Tahap Kehidupan dan Tingkat Pendapatan




Mengapa Perlu Investasi?

Investasi: Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memeperoleh keuntungan.



Konsumsi
Investasi
Pembelian pemenuhan kebutuhan hidup yang dipakai dan akan habis atau mengalami penyusutan sedikit demi sedikit, sehingga akhirnya tidak dapat digunakan lagi.
Persiapan keuangan dengan penanaman uang atau modal dengan membeli suatu bentuk produk yang bukan untuk di konsumsi dengan harapan mendapatkan di masa yang akan datang.

“Ketika kita telah menentukan tujuan Investasi maka manfaat yang kita dapat dari investasi adalah Peningkatan nilai kekayaan atau asset dalam mengantisipasi ketidakpastian di masa yang akan datang dan proteksi terhadap gejolak inflasi.”

                                                                                                                                                           
Jenis Investasi
§  Investasi Kekayaan Riil (real property)
Investasi yang dilakukan pada asset yang tampak secara nyata seperti tanah, bangunan, dan yang secara permanen melekat pada tanah termasuk apartemen, ruko, kondominium dan sebagainya.

§  Investasi Kekayaan Pribadi yang tampak (tangible personal property)
Investasi yang dilakukan pada benda-benda seperti emas, berlian, barang antic, dan termasuk benda-benda seni seperti lukisan dan lain-lain.

§  Investasi Keuangan (financial investment)
Investasi yang dilakukan pada surat berharga baik yang ada di pasar uang (money market) seperti deposito, SBI, SBPU maupun surat berharga di pasar modal (capital market) seperti saham, obligasi, dan berbagai bentuk surat berharga pasar modal lainnya.

§  Investasi Komoditas (commodity investment)
Investasi yang dilakukan pada komoditas dalam artian barang seperti kopi, kelapa sawit, dan lain-lain. Investasi pada sektor ini disebut sebagai perdagangan berjangka.

Sumber : Bursa Efek Indonesia


Hheee…bersambung dulu yah!
Wassalamualaikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar