Minggu, 16 Oktober 2011

Persaingan Usaha

Judul                                                   : Persaingan Usaha Photocopy dilingkungan kampus Universitas Gunadarma.
Pengarang                                          : Adityia Septiadi
Tema                                                   : Persaingan Usaha Photocopy
Latar belakang masalah                   :Dalam dunia Mahasiswa khususnya mereka yang tidak memiliki buku dan malas dalam mencatat photocopy adalah alternatif terbaik untuk mendapatkan salinan dari sumber tersebut. Selain harganya relatif mudah juga efesien bagi mahasiswa. Namun pada kenyataannya banyak kita temui masalah-masalah yang berhubungan dengan persaingan usaha photocopy di lingkungan sekitarab kampus. Beberapa perusahaan atau toko mengalami kendala jika jarak toko mereka sedikit jauh dengan kampus karena mahasiswa sebagian besar memilih tempat photocopy terdekat. Sehingga persaingan harga disini kadang tidak terlalu berpengaruh. Masalah bukan hanya ada pada toko usaha photocopy yang letaknya jauh dari kampus namun bagi letaak atau jaraknya dekat dengan kampus pun mempunyai kendala yaitu tenaga kerja khususnya pada saat menjelang waktu ujian.
Masalah                                              : Dan masalah yang akan kita bahas adalah sebagai   berikut:
1.    Apakah jarak adalah jadi kendala utama?
2.    Apakah harga mempengaruhi persaingan?
3.   Apakah ada hal lain yang mempengaruhi persaingan?
Tujuan                                                      : tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.    Untuk mengetahui apakah jarak menjadi kendala utama pendapatan?
2. Untuk mengetahui apakah harga atau biaya mempengaruhi persaingan dan apakah ada faktor lain selain jarak dan harga.

Landasan Teori
1.    Teori-teori : Salah satu langkah yang penting sebelum anda memulai bisnis adalah melakukan analisa persaingan usaha / analisa kompetitor. Anda sebaiknya mereview literatur dari kompetitor, untuk melihat bagaimana mereka merepresentasikan usaha mereka dan seperti apa public image yang dibangun. Analisis data bisa berupa analisis statistik sangat penting dalam perjalanan berikutnya. Sering kali literatur bisnis memuat mission statement dan juga mengidentifikasi produk dan jasa spesifik mereka.
2.    Analisis faktor-faktor persaingan usaha photocopy di sekitar Unv. Gunadarma
·        Jarak
·        Harga
·        Pelayanan
·        Kualitas hasil cetak

3.    Hipotesis
Apakah anggapan bahwa jarak tersebut berpengaruh terhadap penghasilan dengan tarif nyata 5% adalah benar?

4.    Tinjauan Penelitian Terdahulu

5.    Regresi



Sumber pertimbangan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar