Kamis, 04 November 2010

Struktur Pasar !!!

STRUKTUR PASAR

A.  PENGERTIAN DAN FUNGSI PASAR

Pasar sebagaimana kita ketahui adalah tempat konsumen memperoleh barang atau jasa. Menurut konsumen pasar adalah tempat diperolehnya berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. Namun dari segi produsen pasar adalah tempat untuk menawarkan produk , baik berupa barang maupun jasa. Dengan demikian, bila disimpulkan pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli dengan penjual sehingga dapat beriteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jual.





Fungsi Pasar :
·       sebagai penentu nilai
·       organisasi produksi
·       distribusi produksi

B.  STRUKTUR PASAR

Struktur pasar adalah keadaan penting suatu pasar, misalnya jumlah perusahaan, keseragaman produk antarperusahaan, kemudahan keluar-masuk pasar, dan bentuk persaingan.

1.    Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran,yang ditandai jumlah produsen dan konsumen sangat banyak dan hamper tidak terbatas.
Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna adalh sebagai berikut :
a.   Banyak penjual dan pembeli
b.   Produk-produk homogen (serba sama)
c.   Pasar bebas dimasuki dan ditinggalkan
d.   Konsumen mengetahui kondisi pasar
e.   Faktor-faktor produksi bergerak bebas
f.   Tidak campur tangan pemerintah

2.  Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh suatu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar.
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut :
1.    Monopoli
2.  Oligopoli
3.  Monopolistik
4.  Monopsoni
5.  Oligopsoni



Tidak ada komentar:

Posting Komentar