Kamis, 04 November 2010

TIGA MASALAH POKOK EKONOMI


Manusia dihadapkan kepada inti masalah ekonomi, yaitu konflik antara keinginan yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Jawaban yang penting terhadap permasalahan tersebut adalah manusia harus mampu  menggunakan sumber daya alam yang terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa untuk mengimbangi keinginan yang tidak terbatas. Berikut adalah beberapa masalah pokok ekonomi :

1.   Sumber Daya
Sumber daya atau factor produksi digunakan untuk memproduksi barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi dikenal empat factor produksi pokok, yaitu tanah , tenaga, kerja, capital (modal), dan kewirausahaan.
Factor produksi tanah adalah yang paling terpenting. Bukan saja jumlahnya yang makin menyusut , tetapi segala sesuatu harus didirikan diatas tanah/bumi. Tenaga kerja juga langka , dalam ilmu ekonomi tenaga kerja mencakup tenaga fisik dan kemampuan mental yang dimiliki manusia. Capital adalah semua jenis barang yang digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan produksi barang-barang lain. Capital dapat terdiri dari mesin-mesin, pabrik-pabrik, pembangkit tenaga listrik dan lainnya. Pengusaha atau kewirausahaan juga terbatas karena banyak produk yang tidak mampu dihasilkan karena tidak adanya factor pengusaha.

2. Barang dan Jasa
Barang dan jasa dihasilkandari penggabungan beberapa factor produksi. Jasa tak dapat disentuh. Jumlah barang dan jasa yang dihasilkan terbatas . jika Negara Indonesia memilih produksi senjata , maka barang lain harus dikorbankan atau paling tidak dikurangi jumlahnya.



3. Masalah pokok ekonomi klasik
Ekonom klasik diwakili oleh Adam Smith.menurut Adam Smith kemakmuaran tidak terletak pada emas, melainkan barang-barang. Kemakmuran menunjukkan suatu keadaan yang seimbang antara kebutuhan dengan benda pemuas kebutuhan.
Menurut teori ekonomi klasik, masalah ekonomi masyarakat dapat digolongkan kepada tiga permasalahan penting, yaitu masalah produksi, masalah distribusi, dan masalah konsumsi.





Dikutip dari :
* Ekonomi 1 untuk kelas satu SMU, Yudhistira .2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar